Label

Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat dan dampak teknologi


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya manusia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Kemajuan IPTEK benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, dalam makalah ini, kami mencoba memberikan penjelasan tentang manfaat teknologi bagi kehidupan manusia.

Teknologi Informasi
Keberadaan teknologi informasi saat ini tidak hanya digunakan oleh beberapa kalangan saja melainkan semua pihak sudah banyak yang menggunakan teknologi informasi, baik instansi pemerintahan maupun instansi swasta, baik badan usaha maupun masyarakat umum. Instansi pemerintah baik departemen maupun non departemen sudah banyak yang memanfaatkan akan kecanggihan teknologi. Teknologi informasi dalam instansi pemerintahan digunakan untuk mengelola semua jenis data, memberikan informasi dan juga ada yang memberikan fasilitas diskusi secara interaktif melalui situs pemerintah secara Online. Demikian juga halnya dengan instansi swasta atau badan usaha yang menggunakan teknologi informasi untuk mengelola semua jenis datanya, melakukan transaksi penjualan secara online atau yang biasa dikenal dengan sebutan e-commerce.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan atas latar belakang masalah yang ada, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:
1)   Bagaimanakah perkembangan teknologi informasi dan perannya ?
2)   Apa sajakah dampak teknologi ?
3)   Apa sajakah manfaat teknologi ?

1.3 Tujuan
Berlandaskan atas rumusan masalah di atas, tujuan pembahasan makalah ini meliputi:
1)      Mendiskripsikan bagaimana perkembangan teknologi informasi dan perannya.
2)      Mendiskripsikan dampak dari teknologi.
3)      Menguraikan manfaat dari kemajuan teknologi.

1.4 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam penulisan makalah ini, diantaranya :
BAB  I   PENDAHULUAN,   terdiri   dari : Latar   Belakang,  Rumusan  Masalah, Tujuan, dan Sistematika Penulisa.
BAB II   DAMPAK    DAN   MANFAATN   KEMAJUAN    TEKNOLOGI  BAGI KEHIDUPAN MANUSIA, yang meliputi : Pengertian dan Peranan TI, Dampak Kemajuan Teknologi, dan Manfaat Kemajuan Teknologi.
BAB II    PENUTUP, yaitu : Kesimpulan dan Saran.
DAFTAR PUSTAKA









BAB II
DAMPAK DAN MANFAAT KEMAJUAN TEKNOLOGI
BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


2.1 Pengertian dan Peranan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Teknologi informasi telah menjadi alat yang sangat penting untuk sekarang ini. Teknologi informasi telah merambah di semua kalangan dan menjadi kebutuhan yang dominan karena perannya di segala bidang yang mengubah segalanya menjadi lebih efektif dan efisien. Peran teknologi informasi telah merambah pada bidang pendidikan, pemerintahan, dan ekonomi bisnis.
Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi telah memberikan cara baru dalam belajar. Modul-modul pembelajaran sekarang ini sudah banyak yang dapat ditemukan melalui internet, bahkan pemerintah telah menyediakan modul untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang sudah dapat di-download lewat internet secara legal. Selain itu juga banyak situs selain pemerintah yang menyediakan modul pembelajaran yang dapat diakses secara chargeless dan musah


2.2 Dampak Kemajuan Teknologi
v      Dampak Positif
Kemajuan teknologi informasi memudahkan kita untuk dapat berinteraksi dengan seluruh manusia yang ada di seluruh penjuru dunia dengan berbagai media yang ada, memudahkan dalam berbagi informasi, memudahkan dalam berapresiasi dalam hidup bermasyarakat, mempermudah dalam berbagi ilmu, dan juga kita dapat memperoleh hiburan secara mudah.
Kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi kini telah banyak membantu semua kalangan dalam menjalankan setiap aktivitasnya. Banyak sekali pekerjaan yang terselesaikan dengan lebih cepat karena penggunaan media baru, canggih dan berteknologi tinggi. Kemajuan teknologi telah banyak memberi kebebasan kepada para penggunanya untuk melaksanakan setiap aktifitasnya dengan sebebas mungkin. Misalkan saja kebiasaan mengirimkan surat melalui kantor pos yang biasanya batten cepatsampai kepada penerima, kini dengan adanya teknologi yang berkembang dengan pesat, surat sudah dapat terkirim dan dapat diterima dalam hitungan beberapa menit saja. Kemajuan teknologi ini telah banyak mengandung nilai positif kepada masyarakat, misalkan saja menjadikan kondisi baru berupa kebebasan untuk memilih, menjadikan aktifitas lebih cepat selesai, keakuratan abstracts lebih terjamin, menjadikan pengguna teknologi menjadi pengendali utama, dan terjadinya penurunan biaya.


Untuk Dunia Pendidikan
·   Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas
·   Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada siswa. 
·   Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio.
·   Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia. 
·   Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam.
·   Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru.

v      Dampak Negatif
Selain nilai positif yang telah membantu dalam kehidupan masyarakat, namun keberadaan teknologi ternyata juga mempunyai dampak yang negatif pula. Teknologi yang berdampak negatif disebabkan oleh para pengguna teknologi pula, misalkan saja penggunaan teknologi nuklir, senjata berteknologi tinggi yang digunakan dalam aksi terorisme.
Banyak sekali tindakan kriminal yang diakibatkan oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Istilah yang kini populer oleh pengguna teknologi adalah cyber abomination yakni pelaku kejahatan lewat dunia maya atau lewat dunia internet. Aksi kriminal yang terjadi dengan menggunakan teknologi informasi misalkan saja pengrusakan website-website resmi dan acknowledged yang dimiliki oleh beberapa instansi. Selain itu juga sering sekali terjadi tindak pencurian dana kartu kredit melalui pembelanjaan lewat internet.
Semua kecanggihan teknologi informasi tidak dipergunakan sepenuhnya untuk hal yang positif. Banyak sekali tindak kriminal yang menggunakan teknologi sebagai fasilitas utamanya. Misalnya saja tindak pembajakan VCD/DVD, pembuatan uang palsu, pemalsuan surat-surat penting, pembobolan rekening Bank yang kesemuanya dilakukan dengan menggunakan teknologi terutama teknologi informasi.

Dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi saat ini diantaranya:
  • Karena terlalu bebasnya kita dalam berinteraksi dengan dunia luar, menyebabkan terbawanya kita terhadap pergaulan mereka secara menyeluruh.
  • Karena bebasnya dalam berapresiasi dalam bermasyarakat membuat kita terlalu bebas dalam berpendapat sehingga mengusik orang lain dan menyebabkan timbulnya permasalahan dan juga konflik sosial dia antara kalangan masyarakat.
  • Karena mudahnya memperoleh data dan juga seluruh informasi yang berunsur negativ membuat moral para generasi muda semakin terpuruk dan membuat perstasi negri ini pun semakin menurun dan meroket kebawah secara cepat.
  • Kemajuan teknologi informasi pada bidang pertelevisian dan media massa menyebabkan penggunaan dan penyebaran bahasa asing . tidak terelakan, sehingga terjadi pencampur adukan dengan bahasa indonesia.
  • Pengaruh buruk dari Games Komputer,  salah satu contoh pengaruh buruknya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, anak ‘mengkonsumsi games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
  • Pengaruh buruk  lewat internet, mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.
  • Pengaruh Buruk Terlalu Sering Bermain Komputer, kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.


2.3 Manfaat Kemajuan Teknologi
a.   Manfaat Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia.
1.   Pangan (makanan)
-    Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda.
-    Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
-    Digunakannya bioteknologi (misalnya hormon tumbuhan) untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
-    Dikembangkannya pembuatan pangan dari minyak bumi, penyempurnaan gizi sereal, pembuatan pangan protein dari daun-daunan dan pembuatan produk daging tiruan dari sumber-sumber protein nabati.
2.   Sandang (pakaian)
-    Adanya mesin tekstil mempercepat proses pembuatan pakaian.
-    Dengan kemajuan teknologi, telah ditemukan serat sintetis, seperti poliester, polipropelin, polietilin, dll, sehingga pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
3.   Papan (Tempat Tinggal)
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.

b.  Manfaat Terhadap Pendayagunaan SDA
1.  Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kuantitas suatu produk.
§         Dalam bidang pertanian, dengan teknologi material dapat ditentukan jenis tanah suatu lahan, kandungan unsur-unsur yang diperlukan oleh tanaman sehingga dapat ditentukan pupuk yang paling tepat. Dengan kemajuan teknologi bibit unggul dapat diketahui dengan menggunakan sinar radioaktif.
§         Dalam bidang Industri, kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
2. Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas / mutu produksi, misalnya pada pengolahan minyak bumi, yang semula kita mengenal bensin, sekarang kita mengenal premium.
3.   Pengolahan SDA yang efektif dan efisien dapat menambah ragam produksi, misalnya ketela pohon selain dapat dibuat gaplek juga dapat dibuat gula cair.

c.   Manfaat Teknologi Terhadap SDM.
1.      Perkembangan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan SDA secara lebih efektif dan efisien.
2.      Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas SDM (keterampilan dan kecerdasan manusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.
3.      Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

d.  Manfaat Terhadap Komunikasi dan Transportasi.
1. Komunikasi, Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telepon, ditemukannya pesawat radio, ditemukannya televisi, ditemukannya komputer, dibuatnya satelit komunikasi / satelit domestik, dan ditemukannya radar.
2. Transportasi, Sebelum adanya perkembangan teknologi, transportasi dilakukan dengan jalan kaki, berkuda, kereta lembu, kereta kuda, atau unta untuk dipandang pasir. Namun setelah teknologi berkembang, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi.

e.   Manfaat Teknologi Terhadap Peningkatan Kesehatan.
1.   Meningkatkan Ilmu dan Fasilitas di Bidang Kedokteran.
Fasilitas peralatan yang makin maju dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, antara lain : Pencangkokan jantung, Pencucian darah, Penggantian kornea mata, Pemasangan alat pacu jantung, Penggunaan alat elektronik bagi penderita gangguan pendengaran, Pelayanan dengan bayi tabung, dan Pelayanan kontrasepsi.
2.  Meningkatkan Teknologi Obat-Obatan.
3.   Dapat memberantas penyakit menular.

f.    Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan
1.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
2.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
3.      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP


3.1    Kesimpulan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini, di antaranya dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok manusia, pendayagunaan SDA, kemudahan dalam komunikasi dan transportasi, peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan dan teknologi obat-obatan, bidang pendidikan dan pencapaian kemakmuran kehidupan manusia.

3.2        Saran
Perkenalkanlah ilmu pengetahuan dan teknologi sedini mungkin dalam pendidikan, baik formal maupun non formal dalam rangka menyongsong era globalisasi karena anak didik merupakan Sumber Daya Manusia dimasa akan datang. Namun dalam memperkenalkan teknologi pada anak harus selalu dalam pengawasan dan bimbingan dari para orang tua agar tidak disalahgunakan. Karena kemajuan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga banyak dampak negatif dari kemajuan teknologi yang dapat menghancurkan moral anak-anak bangsa.









 

DAFTAR PUSTAKA



Ahmadi, Abu dan A. Supatmo. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.  
http : //www.e-dukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=16.
Mawardi dan Nur hidayat. 2000. IAD-ISD-IBD. Bandung : CV. Pustaka Setia.



 



KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Allah SWT yang selalu melimpahkan nikmat-Nya  yang begitu banyak kepada kami hingga saat ini, sehingga bilamana dihitung, maka pastilah tidak ada di antara kami yang dapat menentukan berapa jumlahnya. Atas itu pula, kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Dampak dan Manfaat Kemajuan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia”, makala ini disusun sebagai tambahan pembelajaran bahasa Indonesia. Terima kasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami sadar dalam makalah ini masih banyak sekali kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan baik dari materi maupun dalam penulisannya. Hal itu karen minimnya ilmu pengetahun yang kami miliki. Oleh sebab itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan dalam penyusunan makalah dimasa yang akan datang.
Semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi semua pihak serta dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan. Amin.



Penyusun,







 

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii

BAB  I       PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang....................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah................................................................................. 2
1.3  Tujuan.................................................................................................... 2
1.4  Sistematika Penulisan............................................................................ 2

BAB  II      DAMPAK DAN MANFAAT KEMAJUAN TEKNOLOGI
                  BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
2.1  Pengertian dan Peranan Teknologi Informasi..................................... 3
2.2  Dampak Kemajuan Teknologi.............................................................. 4
2.3  Manfaat Kemajuan Teknologi.............................................................. 7

BAB  III     PENUTUP
3.1  Kesimpulan ........................................................................................  10
3.2  Saran................................................................................................... 10

DAFTAR PUATAKA

1 komentar: